Perbedaaan Motor Listrik Polytron Fox R vs Smooth Zuzu

Motor listrik saat ini sudah banyak diminati beberapa kalangan karena lebih hemat dan perawatannya mudah dibandingkan dengan motor bensin. Beberapa produk lokal yang bisa ditemui misalnya seperti Polytron Fox R hingga Smooth Zuzu yang punya desain seperti motor Vespa.

Nah, buat kamu yang masih bingung dengan memilih motor listrik antara Polytron Fox R dengan Smooth Zuzu wajib memperhatikan beberapa perbedaan berikut ini. Supaya sesuai dengan kebutuhan kamu nantinya. Apa saja perbedaannya? Simak ulasannya berikut ini.

Jarak Tempuh dan Durasi Isi Ulang Baterai

Jarak tempuh motor listrik Polytron Fox R diklaim memiliki range hingga 130 km dengan kondisi kecepatan maksimal hanya 40 km per jam. Sementara untuk range atau jarak yang bisa ditempuh oleh motor listrik Smooth Zuzu sekitar 60 km saja untuk sekali pengisian baterai.

Bagi pembeli Polytron Fox R diberikan opsi pembelian baterai atau sewa baterai. Untuk skema sewa baterai pembeli harus berlangganan setiap bulan Rp200 ribu. Namun, dengan sewa baterai tersebut ada garansi baterai akan diganti yang baru jika mengalami penurunan di bawah 80%. Sementara jika tidak menggunakan sewa baterai artinya saat baterai sudah tidak bisa menyimpan daya kembali, mau tidak mau harus membeli baterai baru.

Begitu juga dengan Smooth Zuzu yang menggunakan skema swap baterai. Sehingga untuk penggunaan baterainya harus membeli seperti membeli paket data. Kuota 200 km dengan masa aktif 30 hari bisa dibeli dengan harga Rp 40.000 atau setiap 1 km harganya sekitar Rp 200 perak. Keuntungannya menggunakan Smooth Zuzu tidak perlu charging baterai lagi jadi bisa langsung tukar sehingga lebih efisien. Sementara jika menggunakan Polytron Fox R, memerlukan durasi pengisian baterai antara 4 sampai dengan 5 jam.

Harga Polytron Fox R vs Smooth Zuzu

Soal harga sebenarnya beda tipis saja. Jika mendapatkan subsidi dari pemerintah, Polytron Fox R bisa dibawa pulang dengan harga Rp 13,5 juta. Sementara untuk Smooth Zuzu dengan skema yang sama bisa dibawa pulang dengan harga Rp 12,9 juta.

Nah, biar lebih terjangkau, kamu bisa beli secara online lewat marketplace. Bayar pakai Aplikasi Kredit Kredivo. Limit buat member premium sampai Rp 50 juta. Jadi, sangat memungkinkan jika kamu cicilan pakai Kredivo dengan opsi cicilan hingga 12 bulan. Kenapa Kredivo? Bunga cicilan rendah mulai dari 1.99% saja per bulan.

Jika kamu mengambil opsi 12 bulan berikut skema simulasinya;

  • Polytron Fox R cicilan per bulan Rp1.393.680
  • Smooth Zuzu cicilan per bulan Rp 1.331.740

Jadi cicilan tidak perlu lewat leasing lagi dan tidak perlu bayar uang muka sama sekali. Gimana? Makin tertarik cicil lewat Kredivo? Bagi member premium malah bisa dapat opsi cicilan 18 hingga 24 bulan loh. Daftar sekarang dan unduh aplikasi resmi Kredivo baik di App Store maupun Play Store dengan mudah. Pastikan syarat dipenuhi ya supaya proses persetujuan juga cepat.

Fitur-Fitur yang Perlu Diketahui

Keduanya sudah bisa terkoneksi dengan aplikasi sehingga lebih mudah untuk monitor dan controlling. Malahan lewat aplikasi sudah ada beberapa fitur menarik misalnya mengetahui sisa range yang bisa ditempuh, mencari lokasi tempat swap baterai terdekat dan lain sebagainya. Fitur-fitur tersebut yang diberikan dari aplikasi Smooth Zuzu.

Polytron Fox R juga punya aplikasi yang hanya bisa dikoneksikan oleh pemilik resmi. Jadi tidak sembarang orang bisa menghubungkan smartphone atau aplikasinya ke motor listrik Polytron Fox R. Sehingga soal keamanan lebih terjamin tapi jika ada kendala memang jadi lebih merepotkan karena harus mengurus langsung ke dealernya.

Pertimbangkan Spare Part Murah dan Purna Jual

Keunggulan motor listrik praktis tidak perlu ganti oli, v-belt atau cek air radiator. Namun, yang perlu diperhatikan adalah cara charging. Cara charging yang disarankan adalah jangan charging sampai 100% cukup sampai 90% saja. Kemudian jangan sampai baru di charging saat baterai sudah dibawah 30%. Hal ini untuk menjaga ketahanan baterai. Kecuali jika kamu berlangganan baterai atau menggunakan swap baterai, perawatan seperti ini bisa diabaikan karena ada garansi dari dealer.

Perawatan molis hanya perlu memperhatikan kampas rem dan kembang ban yang digunakan. Umur pemakaian akan semakin pendek seiring dengan berjalannya waktu. Maka, pastikan juga spare partnya mudah serta punya layanan purna jual yang baik